30/08/13

Mengenali sosok pahlawan Jendral Sudirman, Museum Jendral Sudirman, Magelang

     Dahulu museum ini merupakan rumah peristirahatan Tentara yang pada masa perang kemerdekaan merupakan kediaman Jendral Sudirman. Panglima Besar Angkatan Bersenjata Republik Indonesia  yang pertama atau sebagai Bapak Tentara Nasional Indonesia.
     Jendral Sudirman adalah sosok patriotisme yang tidak kenal menyerah. Walaupun dalam keadaan sakit dan harus ditandu namun sebagai Panglima Besar Beliau menanamkan semangat juang yang tinggi dan secara lngsung memimpin perang gerilya. Dengan adanya perlawanan yang tidak kenal menyerah itu akhirnya membuat Belanda meninggalkan Indonesia.
     Lahir pada tanggal 24 Januari 1916 di Kabupaten Purbalingga dan wafat tangggal 29 Januari 1950 di gedung ini. Dan semenjak tahun 1976 di alihfungsikan sebagai Museum Jendral Sudirman.
Bangunan-bangnan yang berdiri tahun 1930 tersebut, terdiri dari rumah utama dan uang-ruang penunjang (servis area) yang berada di belakang.
     Bangunan belakang utama terdapat deretan kamar-kamar penunjang seperti: Kamar Soepardjo Ajudan Jendral Sudirman, Kamar Mandi, dan dapur. 

BIOGRAFI JENDRAL SUDIRMAN :
Nama: R.Sudirman
Lahir : Senin, 24 Januari 1916 atau dalam penanggalan jawa 18 maulud  1846 di wuku, galungan, desa bantarbarang, kec.rembang, kab.purbalingga.
Keuarga: Istrinya, Siti Alfiah, lahir: senin 28 Desember 1920 , putri Mr. Sastroatmojo dari Cilacap. Mereka mempunyai 3 anak laki-laki an 4 anak perempuan .
Pendidikan: HIS MULO Wiworo tomo di Cilacap. Aktif dalam kepanduan bangsa Indonesia/ KBI dan Hizbul Wathon.
Meninggal: Miinggu, 29 Januari 1950 pukul 18.30 WIB dalam usia 34 tahun.
Dimakamkan di Pemakaman Militer Semaki Yogyakarta.
Bintang Jasa Kehormatan/ Kenegaraan:
-Bintang RI Adipurna
-Bintang RI Adiprana
-Bintang Mahaputra Dipurna
-Bintang Sakti
-Bintang gerilya, Bintang-bintang dan empat Lencana-lencana. Eka paksi tingkat I. Sebagai penghormatan ats ajsa-jasanya maka pada waktu wafat , pangkatnya di naikkan menjadi Jenderal.

Dalam menjalankan tugasnya semua wartawan Muara Pos dibekali Surat Tuas dan ID Card serta namanya tercantum dalam Box Redaksi

Kisah Nyata

Sosok