05/09/13

Kurikulum 2013, Guru Dituntut Kreatif

Bumiayu-(MP) Pelaksanaan Kurikulum 2013 merupakan kewajiban bagi sekolah diwilayah Kabupaten Brebes. Karena Kurikulum 2013 merupakan kelanjutan dan pengembangan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004. Kurikulum itu sendiri  mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara terpadu. Hal ini dikatakan Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tonjong, Kuwat Slamet SPd saat membuka Sosialisasi Kurikulum 2013 di Gedung KPRI Dwija Tonjong, Kamis(29/8) kemarin.



                                             Pengawas Saat Sosialisasi

Lebih lanjut  dikatakan dia, pengembangan Kurikulum 2013 ini menitik beratkan pada penyederhanaan, pendekatan  tematik-intregatif dilatarbelakangi oleh masih terdapat beberapa permasalahan pada Kurikulum 2006 (KTSP). Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud akan mengimplementasikan Kurikulum 2013 secara bertahap mulai tahun pelajaran baru bulan Juli 2013 ini.



“Untuk itu kita harus mempersiapkan diri guna pelaksanaan kurikulum baru tersebut, salah satunya mengadakan sosialisasi kepada kepala sekolah dan guru kelas 1 dan 4 agar nanti bisa  melaksanakannya di sekolah masing-masing, walaupun disana sini masih banyak kekurangan seperti pengadaan buku dan lainnya,” jelasnya.

Konsekwensinya, masih kata dia, sebagai pengawas dan guru di Kabupaten Brebes harus kreatif dan harus jemput bola. “Kita harus mendapatkan buku walaupun harus beli sendiri maupun pinjam demi  suksesnya pelaksanaan kurikulum 2013 ini,” tambah Triyono, SPd selaku pengawas TK/SD.



Sementara, Ketua Umum PB PGRI, Dr H Sulistiyo, MPd saat Halal Bi Halal di Kecamatan Tonjong mengatakan, bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 belum semua daerah melaksanakannya. Tapi Brebes termasuk berani semua sekolah tahun pelajaran baru ini serentak dengan kurikulum barunya.

“Ini bagus, bagi sekolah yang sudah bisa melaksanakan kurikulum baru pada tahun pelajaran ini, yang jelas ada beratnya, antara lain pengadaan buku, mempersiapkan gurunya agar siap menghadapi hal yang baru. Semuanya jelas tidak lepas dari pendanaan. Mudah-mudahan sambil berjalan bisa terpenuhi semuanya,” harap dia.



Pelaksaanaan sosialisasi ini berlangsung selama 3 hari dari Kamis,29-31 Agustus 2013. Peserta dari kepala Sekolah, Guru Kelas 1 dan 4. (imam suwondo)

)
Dalam menjalankan tugasnya semua wartawan Muara Pos dibekali Surat Tuas dan ID Card serta namanya tercantum dalam Box Redaksi

Kisah Nyata

Sosok